Jumat, 15 Juni 2012

Kabel STP

Pengertian Kabel STP



Shielded twisted pair adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel (?twisted pair?).Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.
Kelemahan kabel STP
Kabel STP mempunyai beberapa kelemahan :
Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi. 
Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya ?crosstalk? dan sinyal ?noise?. 
Harganya cukup mahal.
Pada kabel STP, didalamnya terdapat satu lapisan pelindung kabel internal
sehingga melindungi data yang ditransmisikan dari interferensi/gangguan.
STP (Shielded Twisted Pair), selain dililitkan, juga punya proteksi terhadap induksi atau interferensi sinyal dari luar kabel berupa lapisan kertas alumunium foil, sebelum jaket pembungkus luar.


PERBEDAAN UTP DAN STP
UTP tidak mempunyai lapisan pelindung kabel.
- STP terdapat lapisan pelindung atau selubung kabel internal.
     
     Perbedaan dari kabel UTP dan STP adalah pada material kabel dan bahan pembungkus kabel. Pada kabel UTP, material logam maupun isolator lebih lunak pun material pembungkusnya juga lunak. berbeda dengan UTP, STP material logamnya lebih keras dan secara ukuran lebih besar sedikit. isolatornya pun lebih keras. sehingga waktu proses crimping, tangan sampai lecet-lecet. istimewanya adalah material pembungkusnya, pertama terdapat pembungkus plastik bening tipis. kedua alumunium foil dan ada satu kawat yang fungsinya untuk ground. paling luar lapisan pembungkus mirip dengan UTP, tetapi lebih tebal dan lebih liat, warnanya pun bukan abu-abu tetapi putih.

Bukan hanya masalah kabel, konektornya pun berbeda dengan UTP. konektornya berlapis logam sebagai konektor ground. harganya pun sekitar 10x lipat harga konektor UTP. untuk lebih mbois, pake jacket. selain mbois/keren juga mencegah air/ kelembapan masuk lewat celah konektor yg berakibat mempercepat korosi.

sambungan STP pun berbeda dengan sambungan kabel UTP. sambungan kabel (I connector) ini memakai lapisan logam sebagai penerus ground. diluarnya terdapat jacket untuk melindungi sambungan dari cuaca.



     Dapat dilihat dari perbedaan penampang kabel yang dapat anda lihat diatas . perbedaan kabel STP dengan kabel UTP adalah jika pada kabel STP diselaputi dengan pelindung almunium , sedangkan kabel UTP tidak . apakah kegunaan dari selaput pelindung almunium pada kabel STP ? . Gunanya adalah untuk menghidari adanya radiasi medan magnet pada sekeliling kabel . namun harga dari kebel STP ini lebih mahal daripada kabel UTP . bagaimana susunan kabelnya ? . sama saja dengan susunan yang ada pada kabel UTP .





Referensi :


1 komentar:

  1. Teton Color and Tint - Titanium Color Art
    Teton Color is a unique and titanium trim walmart colorful tint that combines the colors of the world's most famous titanium dioxide skincare characters with citizen eco drive titanium watch the help apple watch series 6 titanium of Teton. titanium teeth dog The Teton color is

    BalasHapus